KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AN-NAJAH PETALING

  • Fitri Nurkholis Iain Syekh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Maulida Fitria IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • M Iqbal Fadilah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Ela Isnani Munawwaroh IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Minat Belajar Hasil Belajar Bahasa Arab

Abstract

Keberhasilan dari setiap proses kegiatan pembelajaran juga akan ikut dipengaruhi dari berbagai macam faktor, diantaranya yakni internal serta eksternal dari subjek belajar. Beberapa yang menjadi faktor dari eksternal meliputi meliputi faktor fisiologis dan psikologis, dari segi aspek psikologis, keberadaan minat merupakan aspek psikologis yang memiliki peranan sangat berpengaruh dalam proses belajar. Begitupun dalam pembelajaran bahasa Arab,  rendahnya motivasi dan minat belajar saat belajar menggunakan bahasa Arab pun dapat menenjadi suatu penghambat keberhasilan dalam mempelajari bahasa Arab. Oleh sebabnya, dibutuhkan sebuah penelitian guna mengkaji lebih dalam lagi sejauh mana minat siswa belajar menggunakan bahasa Arab serta seberapa signifikan kaitannya antar minat terhadap prestasi siswa dalam belajar menggunakan bahasa Arab siswa yang duduk di kelas VIII pada MTs An-Najah Petaling. Penelitina kali ini juga mempunyai tujuan agar bisa mengetahui kaitan antara minat belajar siswa terhadap prestasi siswa dalam mepelajari bahasa Arab pada siswa kelas VIII di MTs An-Najah Petaling yang berjumlah siswanya yakni 48 orang. Dalam mengukur penelitian kali ini peneliti memakai angket serta tes. Kemudian data tersebut akan dianalisis mengunakan program komputer spss dengan teknik analisis data korelasi pearson product moment. Sedangkan dalam melakukan uji prasyarat untuk menganalisis datanya yakni memakai uji normalitas serta linieritas. Hasil dari penelitian kali ini memperlihatkan tidak adanya hubungan atau kaitan yang signifikan dari minat belajar dengan prestasi siswa ketika belajar bahasa Arab, yakni diperoleh nilai sig sebesar  0,126 > 0,05  dengan nilai (R square : 5%) lalu selebihnya yakni 95% dipengaruhi dari beberapa faktor yang lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endang Sri Wahyuningsih. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar

Hasan, M., Harahap, T. K., Susanti, Khasanah, U., Rahmat, A., P., I. M. I., Rahmatullah, Hidayati, S. N., Musyaffa, A. A., & Fahma, N. (2021). Teori dan Inovasi Pendidikan. Tahta Media Grup.

Inah, E. N., & Khairunnisa, A. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Bidikmisi. Al-TA’DIB

Munir. (2016). Perencanaan Sistem Pengajaran Bahasa Arab . Kencana

Pratamawati, M. H. S., Hidayat, T., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo

Rika Dewi, S. (n.d.). Minat Belajar dan Kompetensi Mahasiswa dalam Penerapan Praktik Kebidanan.

Roberta Uron Hurit, S.Si., M. P., Majidatun Ahmala, M. P. ., Tasdin Tahrim, S.Pd., M. P., Suwarno, Chasanah, U., Dwi Maryani Rispatiningsih, M. P., Rahmawida Putri, M. P., Rachmat Satria, M.Pd., C., Isbir, M., & Jannah, R. (2021). Belajar Dan Pembelajaran CV. Media Sains Indonesia

Published
2022-07-20
How to Cite
Nurkholis, F., Fitria, M., Fadilah, M., & Munawwaroh, E. (2022). KORELASI ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH AN-NAJAH PETALING. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 50-57. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v2i1.2570