Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal

  • Farida Far Ida IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Anna Musyarofah
Keywords: Validitas Reliabilitas dan Analisis Butir Soal

Abstract

Kegiatan menganalisis butir soal adalah kegiatan yang harus dilakukan guru dalam rangka meningkatkan mutu soal yang telah disusun dan bertujuan untuk mengadakan identifikasi soal-soal yang baik, kurang baik, dan soal yang jelek. Dengana analisis soal dapat diperoleh informasi tentang kejelekan sebuah soal dan petunjuk untuk mengadakan perbaikan. Soal ulangan akhir semester (UAS) bahasa arab buatan guru di MA Al-Islam Kemuja belum pernah dianalisis baik secara kualitas dan kuantitats. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal dari tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran serta daya beda soal pada UAS semester genap mata pelajaran bahasa arab kelas X di MA Al-Islam Kemuja tahun ajaran 2019/2020.

                Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dokumentasi.

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil analisis validitas menunjukkan 11 soal kategori soal yang valid dan 24 soal dalam kategori tidak valid. pada hasil analisis reliabilitas menunjukkan besarnya korelasi koefesien r11=0,669 ini menunjukkan reliabilitas butir soal memiliki kategori soal yang rendah reliabilitasnya. Pada tingkat kesukaran menunjukkan soal yang termasuk kategori sukar berjumlah 10 butir soal (28%), sedang berjumlah 23 butir soal (66%) dan mudah berjumlah 2 butir soal (6%). Sedangkan hasil analisis daya beda butir soal menunjukkan daya pembedanya tidak baik berjumlah 19 butir (54%), butir soal yang daya pembedanya cukup baik berjumlah 3 butir (9%) dan butir soal yang daya pembedanya baik berjumlah 13 butir (37%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ananda, Rusydi dkk. Evaluasi Pembelajaran. (Bandung: Citapustaka Media, 2014).
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).
Basuki, Ismet Dan Hariyanto. Asesmen Pembelajaran. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014).
Komarudin dan Sarkadi, Evaluasi Pembelajaran. (Yogyakarta: Rizqita publishing & printing, 2017)
Musthafa, Izuddin dan Acep Hermawan. Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep dasar Strategi, Metode, Teknik). Bandung: PT. Remaja Rosdaarya
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Rajawali Pers, 2016).
Sudjana, Nana. penilaian hasil proses belajar mengajar. (Bandung” PT. Remaja Rosdakarya, 1989).
Surapranata. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005).
Syar’i, Ahmad. Filsafat pendidikan Islam. (Jakarta: Pustaka Firdaus: 2005).
Aristia, Risa Dan Adea Wulan H. Z. “Jenis-Jenis Instrumen dalam Evaluasi Pembelajaran”. Artikel Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 2018.
Fahreza, Febry dan Rabiatul Rahmi. “Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Metode Role Playing Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Negeri Pasi Pinang Kabupaten Aceh Barat”. Bina Gogik Volume 5 No 1, Maret 2018.
Fitria, Happy, Muhammad Kristiawan, dkk, “Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas”. Jurnal Abdimas Unwahas, Vol. 4, No. 1, April 2019.
Gunawan , Wawan. Analisis Butir Soal Latihan Buku “ta’lim Al Lughah Al Arabiyah” karangan dr. d. hidayat kelas x madrasah aliyah negeri 01 kota magelang. skripsi diajukan dalam rangka penyelesaian studi strata i untuk memperoleh gelar sarjana Pendidikan.
Ihsan, Helli. Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep dan Panduan Penilaiannya, Pedagogia:Jurnal Ilmu Pendidikan, hlm. 266
Khumaedi Muhammad. Reliabilitas Instrumen Pendidikan, Jurnal pendidikan tekhnik mesin vol. 12, No. 1 Juni 2012.
Lihat, di Mushaf Al-Qur’an Terjemah, Al-Qur’an Terjemah Edisi tahun 2002, (Jakarta: Al-Huda (kelompok gema insani), 1426 H.
Nurjannah dan Noni Marlianingsih, Analisis Butir Soal Pilihan Ganda Dari Aspek Kebahasaan, faktor. jurnal ilmu kependidikan. vol II No. 1 maret 2015.
Matondang , Zulkifli. Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED Vol. 6 No. 1, Juni 2009.
Ulfah, Rahmatia Lessa. “Analisis Butir Soal Tes Pilihan Ganda Penilaian Tengah Semester Genap Akidah Akhlak Di MTs Al-Hidayah Rawadenok 2017/2018”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Muhamadiyah Jakarta 1439 H/ 2018 M.
Sholeha, Rohmah. “Analisis Butir Soal Tes UTS (Ulangan Tengah Semester) Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Negeri I Semarang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Semarang, 2015.
Wardani, Winda Kusuma. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses Pembelajaran di SD Muhammadiyah 15 Surakarta”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017
Published
2021-12-06
How to Cite
Ida, F., & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 34-44. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100