Analisis Deskriptif Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Sma Negeri 1 Kelapa
Keywords:
Prokrastinasi Akademik, Layanan Konseling Kelompok, Congnitive Restructuring
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori dampak dari layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring dalam menurunkan tingkat prokrastinasi akademik peserta didik di SMA Negeri 1 Kelapa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tipe pre-eksperimental one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 7 orang peserta didik yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala prokrastinasi akademik, dan data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan rata-rata skor prokrastinasi akademik dari pretest sebesar 60,71 menjadi 34,57 pada posttest. Persentase penurunan mencapai 43,04%. Temuan ini menunjukkan bahwa teknik cognitive restructuring efektif dalam membantu peserta didik mengubah pola pikir negatif atau irasional menjadi lebih positif dan adaptif, sehingga mampu mengurangi kecenderungan menunda penyelesaian tugas-tugas akademik.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2025-10-22
How to Cite
Khasana, E. P. W. A., Komariah, K., Andriyani, L., Muzana, R., Rohimah, A., Zulfa, R., & Yulariska, Y. (2025). Analisis Deskriptif Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Sma Negeri 1 Kelapa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 6(2), 1-7. https://doi.org/10.32923/ijoce.v6i2.5951
Section
Articles
This journal is a member of and subscribes to the principles of the Committee on Publication Ethics (COPE)





