Analisis Deskriptif Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Sma Negeri 1 Kelapa

  • Ervina Putri Winda Ari Khasana IAIN SAS Abdurrahman Siddik Babel
  • Komariah Komariah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Lisa Andriyani IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Ravelina Muzana IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Aulia Rohimah IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Rifkah Zulfa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
  • Yuke Yulariska IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung
Keywords: Prokrastinasi Akademik, Layanan Konseling Kelompok, Congnitive Restructuring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategori dampak dari layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring dalam menurunkan tingkat prokrastinasi akademik peserta didik di SMA Negeri 1 Kelapa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen tipe pre-eksperimental one group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 7 orang peserta didik yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa skala prokrastinasi akademik, dan data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan rata-rata skor prokrastinasi akademik dari pretest sebesar 60,71 menjadi 34,57 pada posttest. Persentase penurunan mencapai 43,04%. Temuan ini menunjukkan bahwa teknik cognitive restructuring efektif dalam membantu peserta didik mengubah pola pikir negatif atau irasional menjadi lebih positif dan adaptif, sehingga mampu mengurangi kecenderungan menunda penyelesaian tugas-tugas akademik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-10-22
How to Cite
Khasana, E. P. W. A., Komariah, K., Andriyani, L., Muzana, R., Rohimah, A., Zulfa, R., & Yulariska, Y. (2025). Analisis Deskriptif Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Peserta Didik Sma Negeri 1 Kelapa. IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education, 6(2), 1-7. https://doi.org/10.32923/ijoce.v6i2.5951

Most read articles by the same author(s)