Hubungan Regulasi Diri dengan Stres Kerja Pada Guru Pembimbing Khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Guru pembimbing khusus merupakan seorang guru yang memiliki pengetahuan dalam bidang khusus dalam bidang pendidikan anak berkebutuhan khusus ataupun pendidikan luar biasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara regulasi diri dan stres kerja pada guru pembimbing khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah guru pembimbing khusus di Kota Yogyakarta yang berjumlah 100 orang. Sampel penelitian berjumlah 30 guru pembimbing khusus yang diperoleh dengan teknik studi populasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala, yaitu Skala Regulasi Diri dan Stres Kerja. Uji korelasi Pearson Product Moment yang signifikan antara regulasi diri dan stres kerja (r = -548, p = 0,001). Semakin tinggi regulasi diri guru pembimbing khusus, maka semakin rendah stres kerja. Untuk meningkatkan kemampuan regulasi diri, guru pembimbing khusus sebaiknya meningkatkan kemampuannya dalam menghadapi tekanan.
This journal is a member of and subscribes to the principles of the Committee on Publication Ethics (COPE)





